Sabtu, November 15, 2008

Mengenal Lebih Dekat Gas Bumi, Bahan Bakar yang Efisien dan Ramah Lingkungan

Gas Bumi adalah suatu campuran dari berbagai jenis senyawa Hidrokarbon yang dapat terbakar dan beberapa senyawa pengotor yang jumlahnya dalam campuran sangat sedikit seperti Nitrogen, Oksigen, dan Karbon Dioksida. Senyawa hidrokarbon yang merupakan komponen penyusun terbanyak dari campuran gas bumi adalah senyawa metana. Komposisi gas bumi secara umum dapat dilihat pada tabel berikut ini:

Senyawa hidrokarbon merupakan senyawa kimia yang tersusun atas unsur karbon dan hidrogen dan dapat membentuk struktur rantai tergantung kepada jumlah karbon dan hidrogen yang menyusunnya. Metana adalah senyawa hidrokarbon yang paling sederhana yang tersusun atas satu unsur karbon.dan empat unsur hidrogen serta secara alami berada pada fase gas. Semakin panjang struktur rantai senyawa hidrokarbon, semakin “padat” fase senyawa hidrokarbon yang terbentuk (fase cair atau padat). Gambar dibawah adalah struktur rantai dari metana dan beberapa senyawa hidrokarbon lainnya.


Karena komposisi utama gas bumi adalah senyawa metana yang merupakan senyawa hidrokarbon berstruktur paling sederhana, maka, seperti metana, gas bumi sangat mudah terbakar dan sangat mudah mengalami pembakaran sempurna.

Gas bumi sebagai bahan bakar sangat mudah terbakar berarti bahwa gas bumi merupakan bahan bakar yang efisien dan gas bumi sangat mudah mengalami pembakaran sempurna berarti bahwa gas bumi merupakan bahan bakar yang ramah lingkungan.

Tidak ada komentar: