Kamis, Juli 26, 2007

Akhirnya… Jadi juga punya rumah sendiri…

Senin kemarin, 23 Juli 2007 bisa dikatakan hari yang bersejarah dalam perjalanan rumah tangga yang saya dan istri saya bina. Pada hari itu, sekitar jam 13.00 WIB, kami berdua melaksanakan realisasi jual beli rumah dengan pihak developer dan realisasi kredit dengan pihak bank di hadapan notaris.

Proses dari mulai mencari rumah yang cocok sampai realisasi tersebut memakan waktu yang lumayan lama juga yaitu sekitar 7 bulan. Awalnya sekitar bulan Desember 2006 dan Januari 2007 istri saya datang ke Surabaya dan kami mulai berkeliling kota Surabaya dan Sidoarjo untuk melihat-lihat proyek perumahan yang ada di kota ini.


Beberapa perumahan yang sempat kami sambangi pada saat itu diantaranya adalah perumahan Citra Raya di barat Surabaya (tentu saja kami ke sana mengunjungi cluster Bukit Palma, cluster termurah yang dipasarkan oleh Citra Raya); Graha Tirta, Delta Wedoro, Delta Sari Baru, Papyrus Regency dan Taman Pondok Jati yang berada dekat bundaran Waru, perbatasan Surabaya dengan Sidoarjo; Puri Surya Jaya di Gedangan, di jalur utama antara Surabaya dan Sidoarjo; Taman Tiara, Citra Garden dan Pondok Jati di pusat kota Sidoarjo; sampai Citra Harmoni di Krian ke arah Mojokerto.

Setelah selesai ngubeng-ngubeng Surabaya dan Sidoarjo selama beberapa hari, mengumpulkan berbagai keterangan dari brosur, tanya-tanya ke marketingnya, dan hasil pengamatan langsung ke unit rumah yang ditawarkan, kami lalu melanjutkan proses pemilihan rumah dengan pengisian check list dan penilaian dengan sistem scoring untuk mendapatkan perumahan dengan nilai score tertinggi sesuai kriteria yang telah kami tetapkan sebelumnya. Hasilnya, kami memutuskan untuk memilih perumahan Puri Surya Jaya yang terletak di Gedangan, Sidoarjo.

Selanjutnya, setelah menetapkan pilihan, kami langsung menindaklanjutinya dengan memberikan tanda jadi, menandatangani surat perjanjian pembelian, dan mulai mengangsur uang muka. Bersamaan dengan pengangsuran uang muka, kami pun mulai mengevaluasi tawaran KPR dari beberapa bank untuk mendapatkan pilihan yang terbaik (dan paling menguntungkan) dari program-program KPR yang ditawarkan. Berdasarkan bunga yang dikenakan yaitu sebesar 8% fixed 1 tahun, yang merupakan tawaran bunga KPR terendah sampai saat tulisan ini dibuat, kami memutuskan untuk ikut program KPR dari bank Mandiri.

Pengajuan kredit pun dimulai, berkas-berkas yang diminta oleh bank Mandiri kami kumpulkan dan sampaikan ke bank Mandiri untuk diproses lebih lanjut. Proses persetujuan kreditnya sendiri memakan waktu sekitar 1 bulan. Setelah KPR disetujui, yang kami lakukan hanya menunggu rumah yang kami pesan selesai dibangun (sambil tetap mencicil angsuran uang muka tentunya).

Minggu ketiga bulan Juni rumah kami selesai dibangun, kami lalu meminta pihak developer untuk menjadwalkan realisasi jual beli tanah dan bangunan sekaligus realisasi kredit dengan bank Mandiri. Setelah jadwal realisasi ditetapkan, giliran kami yang harus memenuhi kewajiban pelunasan pembayaran uang muka dan biaya-biaya lain. Biaya-biaya yang harus dibayar melalui developer diantaranya adalah BPHTB, AJB+BBN, dan PBB sedangkan biaya-biaya yang harus dibayar melalui bank adalah biaya administrasi, provisi, asuransi jiwa dan kerugian, dan biaya notaris.

Akhirnya, waktu yang ditentukan untuk realisasi pun tiba, setelah makan siang, saya dan istri saya segera menuju kantor bank Mandiri Genteng Kali Surabaya untuk proses realisasi. Pertama-tama kami diminta melengkapi administrasi dengan pihak bank berupa penandatanganan beberapa berkas terkait perjanjian kredit, kemudian notaris yang ditunjuk menjelaskan mengenai proses realisasi jual beli tanah dan bangunan yang akan dilaksanakan dan dilanjutkan dengan penandatanganan beberapa berkas legal terkait proses jual beli dan perjanjian kredit dengan bank Mandiri tersebut.


Setelah semua urusan dengan notaris selesai, developer memberikan 2 set kunci rumah yang kami beli kepada kami berdua. Akhirnya… jadi juga kami punya rumah sendiri… (walaupun masih kredit).

8 komentar:

wisangkala mengatakan...

trus kapan gw diajakin nginep... :p
n klo gw pulang mlm dari bandara, mampir tempat lu aja yah... ;))

Anonim mengatakan...

Andaikan jadi di Citra Garden, tetanggan sama saya, Pak...

Priswanto mengatakan...

iya pak, sebenernya sudah nyaris sekali beli di citra garden, tapi ternyata jodohnya di PSJ pak...

Unknown mengatakan...

Masih ada nggak pemasaran Puri Surya jaya, airnya bagus gak? itu yang paling penting.

Priswanto mengatakan...

Kalau untuk rumah yang masih dipasarkan sepertinya masih ada, PSJ baru buka cluster baru yaitu Sidney Garden.... Kalo mao cluster sebelumnya (Taman Boston) juga sepertinya masih ada unit yang tersedia, lebih baik sih hubungin marketingnya langsung biar lebih jelas...

Kalau air di cluster saya sih bagus, bersih (beda dengan air PDAM Surabaya) dan jarang mati juga sih karena ngambilnya dari sepanjang bukan dari umbulan yang pipanya sering pecah di porong...

Yulistianto, Trio mengatakan...

pak priswanto, mohon info untuk dokumen2 pengajuan kredit ke mandiri apa aja yah pak persyaratannya, denger2 bunga mandiri masih tinggi di 14% sedangkan BCA sudak 12% ,saya sudah add user ym pak pris, mohon infonya yah pak

Surya Regency mengatakan...

Wah tetanggaan kita yaa pak Pri.....
kalo ada fasilitas baru di PSJ kabar-kabari yaa

Anonim mengatakan...

Siiip, ok deh tetangga... nti diposting juga deh kalo ada info fasilitas baru di PSj....