Senin, Agustus 27, 2007

Hasil Pemeringkatan Reksa Dana Saham

Pada posting yang lalu saya sudah menuliskan metode penilaian suatu reksa dana saham dengan menggunakan beberapa model diantaranya dengan model Return Risk Ratio, Treynor, Sharpe, Jensen, dan Treynor & Black. Berikut adalah hasil pemeringkatan reksa dana saham yang saya lakukan dengan menggunakan kelima model tersebut untuk periode satu tahun mulai dari 6 Agustus 2006 sampai 6 Agustus 2007.

Model Return Risk Ratio


Model Treynor


Model Sharpe


Model Jensen


Model Treynor & Black


Dari hasil pemeringkatan tersebut terlihat bahwa dengan menggunakan model Return Risk Ratio, Sharpe, dan Jensen reksa dana Makinta Mantap selalu menempati urutan pertama. Sedangkan jika digunakan model Treynor, dan Treynor & Black, reksa dana Makinta Mantap berada di peringkat kedua. Hasil pemeringkatan dengan model Treynor yang menunjukkan bahwa reksa dana Makinta Mantap menempati peringkat kedua perlu sedikit dikritisi karena yang menempati peringkat pertama yaitu reksa dana BIG Nusantara hanya memiliki return 16,16%, lebih rendah dari return pasar pada periode yang sama yaitu sebesar 47,65% sehingga dapat dianggap reksa dana Makinta Mantap yang menduduki peringkat pertama pada pemeringkatan reksa dana dengan model Treynor.

Berdasarkan hasil tersebut, saya kemudian memutuskan untuk membeli unit penyertaan reksa dana saham Makinta Mantap sebagai pilihan investasi saya di instrumen reksa dana saham.

Berikut ini adalah Prosedur pembukaan rekening dan pembelian unit penyertaan Reksa Dana Makinta Mantap.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Halo...! Bang, kalo kita mau mencari data mentah sebelum dihitung kinerjanya dmna Bang?

Misalnya closing price reksadana saham yg per hari/ selama beberapa periode penuh selama hari kerja...

Mohon bantuannya!rictim