Jumat, Agustus 10, 2007

Teka teki Einstein

Kemarin saya cari surat lama dari Bapepam yang isinya data harian Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) BEJ mulai tahun 2000-2005, kebetulan saya lagi butuh data tersebut untuk latihan membuat peringkat reksadana saham di Indonesia. Tapi bukannya ketemu tuh surat, saya malah nemuin teka teki Einstein yang pernah saya print dari sebuah milis beberapa tahun yang lalu.

Karena load kerja juga lagi gak begitu banyak, saya iseng untuk mencari solusi teka teki tersebut dan seperti beberapa tahun yang lalu saya tetap ingat bagaimana solusinya. Untuk memperpanjang keisengan saya, berikut saya kirimkan teta teki yang dimaksud:

Teka teki ini tidak mengandung trick, hanya murni logika. Semoga anda beruntung, dan jangan cepat menyerah!

Ada 5 buah rumah yang masing-masing memiliki warna berbeda. Setiap rumah dihuni satu orang pria dengan kebangsaan yang berbeda-beda. Setiap penghuni menyukai satu jenis minuman tertentu, merokok satu merk rokok tertentu dan memelihara satu jenis hewan tertentu. Tidak ada satupun dari kelima orang tersebut yang minum minuman yang sama, merokok merk rokok yang sama dan memelihara hewan yang sama seperti penghuni yang lain.
Pertanyaannya : Siapakah yang memelihara IKAN?

Petunjuk:
Orang Inggris tinggal di dalam rumah berwarna merah.
Orang Swedia memelihara anjing.
Orang Denmark senang minum teh.
Rumah berwarna hijau terletak tepat di sebelah kiri rumah berwarna putih.
Penghuni rumah berwarna hijau senang minum kopi.
Orang yang merokok PallMall memelihara burung.
Penghuni rumah yang terletak di tengah-tengah senang minum susu.
Penghuni rumah berwarna kuning merokok Dunhill.
Orang Norwegia tinggal di rumah paling pertama.
Orang yang merokok Marlboro tinggal di sebelah orang yang memelihara kucing.
Orang yang memelihara kuda tinggal disebelah orang yang merokok Dunhill.
Orang yang merokok Winfield senang minum bir.
Di sebelah rumah berwarna biru tinggal orang Norwegia.
Orang Jerman merokok Rothmans.
Orang yang merokok Marlboro bertetangga dengan orang yang minum air.

Albert Einstein menyusun teka teki ini pada abad yang lalu. Dia menyatakan, 98% penduduk di dunia tidak mampu memecahkan teka teki ini. Apakah anda termasuk yang 2%?

10 komentar:

Anonim mengatakan...

hmmmm.... pusiiiing niiii....
cape dehhh...

Priswanto mengatakan...

Sabar dan tekun, pasti ketemu deh jawabannya ;p

Anonim mengatakan...

sepertinya orang norwegia yg tinggal di rumah kuning, merokok dunhil, minum air, dan melihara ikan.. betul ga? maap kalo salah...

Anonim mengatakan...

Wah.. salah jawaban saya yg pertama. Setelah saya ulang.. ternyata orang jerman yg tinggal di rumah hijau urutan paling terakhir, suka minum kopi, ngerokok rothman dan tentu saja memelihara ikan.

Cheers..

Anonim mengatakan...

Setuju sama Gema Maulidana, tapi rumahnya bukan urutan paling terakhir dong..? Kan "rumah hijau terletak persis di sebelah kiri rumah putih", jadi rumah hijau ga mungkin di urutan terakhir. Gw sih dapetnya rumah hijau itu urutan ke-2 sebelum terakhir. Yang terakhir (paling kanan) itu rumah putih.. :)

Anonim mengatakan...

kalo rumah hijau no.2, gw ngebayanginnya dia berarti di sebelah kanan rumah putih. Misalnya, lo tinggal di rumah putih di sebelah kiri rumah lo adalah rumah hijau, tapi orang yg di depan rumah lo ngeliat rumah hijau nya ada di sebelah kanan rumah putih rumah putih lo.. hehehe.. kebaca ga maksud gw?

cheers

Teten Sutendi mengatakan...

orang jerman

Teten Sutendi mengatakan...

orang jermannnnnnnnnn

Anonim mengatakan...

Jika anda sudah menentukan siapa yang memelihara IKAN, berarti anda termasuk yang 98% ...

Kenapa? pertanyaannya adalah "Siapakah yang memelihara IKAN?", di dalam clue dikatakan ke-5 orang ini memelihara 1 jenis hewan yang berbeda dengan penghuni yang lainnya, tidak dikatakan kalau SALAH SATU DARI MEREKA MEMELIHARA IKAN, bahkan di dalam clue sama sekali tidak ada menyebutkan kata IKAN.

Logikanya, jika memang hanya 2% orang di dunia yang bisa menyelesaikannya, kenapa penyelesaian teka-teki tersebut begitu mudah dilakukan dan dipahami? Einstein itu orang jenius, lho ...

Ada sesuatu yang tersembunyi di balik teka-teki ini,,

(sebenarnya, banyak orang yang menjawab JERMAN, sedangkan saya sendiri mencari selama 3 jam dan 3 kali diulang, jawabannya itu DENMARK)

Gema Maulidana mengatakan...

Mas anonim liat kesini deh.. http://www.frontiernet.net/~mwdaly/recpuzzles/einstein.html jawaban anda walopun sampe 3 kali tapi tetep salah.. :)