Senin, Agustus 27, 2007

To be an Investor

Setelah melakukan pemeringkatan reksa dana saham dan mengetahui reksa dana saham yang dapat memberikan return yang maksimal dengan resiko yang dapat diterima, saya akhirnya memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana makinta mantap yang merupakan produk dari Makinta Securities.

Setelah mencari tahu nomor telepon makinta securities yang dapat dihubungi melalui internet, saya pun mulai mencari informasi lebih lanjut mengenai produk reksa dana makinta mantap. Saat menelepon untuk pertama kalinya saya diminta untuk memberikan alamat email saya untuk pengiriman beberapa dokumen termasuk prospektus dan prosedur pembukaan rekening reksa dana makinta mantap.

Berikut adalah hal-hal penting yang tercantum dalam prosedur pembukaan rekening reksa dana yang dikirimkan kepada saya:

JUMLAH
  1. Minimum pembelian awal sebesar Rp. 5.000.000,- belum termasuk biaya pembelian.
  2. Minimum penambahan (top up) sebesar Rp. 1.000.000,- belum termasuk biaya pembelian

BIAYA

  1. Pembelian 2.00 %
  2. Switching ke reksa dana makinta fleksi (syarat dan ketentuan berlaku) 0.2 %
  3. Penjualan; jika kurang dari atau sama dengan 6 bulan dikenakan 0.5 %, 6 bulan sampai 1 tahun dikenakan 0.25 %, lebih dari 1 tahun tidak dikenakan biaya.

PROSEDUR PEMBUKAAN REKENING

  1. Investor datang ke kantor PT. Makinta Securities dengan membawa bukti identitas diri.
  2. Mengisi form pembukaan rekening, form profil pemodal, dan form pembelian.
  3. Melakukan setoran tunai/transfer ke rekening penampungan dana reksa dana sesuai ketentuan yang dipersayaratkan.
  4. Mengirim bukti setoran tunai/transfer via email atau faximile ke makinta securities dengan mencantumkan kembali nama lengkap, no. handphone, dan jumlah yang disetorkan/ditransfer.
  5. Konfirmasikan hasil pengiriman bukti transfer melalui telepon ke makinta securities.

Setelah mengikuti langkah-langkah yang tercantum pada prosedur tersebut, beberapa hari kemudian saya menerima surat konfirmasi (melalui email) dari Bank Permata, yang merupakan bank kustodian dari reksa dana makinta mantap, yang menyatakan kepemilikan saya atas sejumlah unit penyertaan di reksa dana makinta mantap.

Dengan diterimanya surat konfirmasi dari Bank Permata tersebut menunjukkan bahwa saya mulai saat itu adalah seorang investor ;p

2 komentar:

chesa mengatakan...

saya tertarik dengan analisa anda. menambah referensi untuk penelitian skripsi nanti.terimakasih...

Priswanto mengatakan...

saya juga senang kalau posting saya dapat berguna.terima kasih sudah mampir, maaf saya br balik ke dunia priswanto